Artikel

46 Taman Nasional di Indonesia : Benteng Keragaman Hayati Nusantara

Hakekat dari Taman Nasional adalah menjaga keanekaragaman hayati yang sudah berlangsung turun temurun di jaga oleh komunitas lokal, kabuyutan atau masyarakat adat di Indonesia.

Dalam tradisi kuno nusantara hutan yang luas berserta ekosistemnya akan dijaga karena hutan adalah tempat para  calon raja ditempa melakukan wanaprasta tinggal dihutan sendirian dalam hitungan tahun.

Jika melangsir dari laman resmi kementrian lingkungan hidup dan Kehutanan, taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian , ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Taman Nasional di Sumatra

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser disingkat TNGL adalah salah satau kawasan perlindungan flora dan fauna terbesar di Asia Tenggara memiliki luas 1.094.692 hektare. Terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat disingkat TNKS adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jambi. Memiliki luas hingga 1.374.349,87 hektare sehingga terluas di Pulau Sumatra.

Baca  Piramida Nusantara di Gunung Lalakon Soreang

Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut terletak di Pulau Mentawai, Sumatra Barat. Memiliki luas 190.500 hektar.

Taman Nasional Batang Gadis

Taman Nasional Batang Gadis adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Sayangnya pada tahun 2012 luasnya berkurang cukup banyak berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan pada waktu itu.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh disingkat TNBT terletak di Provinsi Riau, meliputi dua kabupaten yaitu Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Di dalamnya terdapat sedikitnya 360 jenis flora, 107 jenis burung, 50 jenis ikan, 23 jenis mamalia, 18 jenis amfibi, 15 jenis reptil dan 3 jenis primata.

Taman Nasional Berbak

Taman Nasional Berbak adalah kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Taman nasional ini memiliki luas 142.750 hektare

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah sebuah taman nasional yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya dan telah ditetapkan sebagai Warisan Dunia.

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Taman Nasional di Jawa dan Bali

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Taman Nasional Gunung Ciremai Taman Nasional Laut Kepulauan Karimun Jawa
Taman Nasional Gunung Merapi
Taman Nasional Gunung Merbabu
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional di Nusa Tenggara

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung RInjani ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1997. Ekosistem yang ada termasuk jenis hutan hujan tropika, hutan hujan pegunungan dan sub alpin.

Baca  Proses Pemugaran Candi

Taman Nasional Komodo

Terletak diantara Pulau Sumbawa dan Flores. Di kawasan Taman Nasional Komodo, Anda juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung. Juga terdapat biota bawah laut yang menakjubkan. Para penyelam mengatakan bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Taman Nasional Kelimutu

Tempatnya terletak di wilayah Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti disingkat dengan TNLW adalah taman nasional yang berlokasi di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru merupakan perwakilan hutan musim semi-peluruh dataran rendah yang tersisa di Pulau Sumba,

Taman Nasional di Kalimantan

Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya adalah Kawasan konservasi yang menjadi taman nasional. Terletak di tengah Pulau Kalimantan yaitu di perbatasan antara provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah

Taman Nasional Danau Sentarum

Pada tahun 1999, Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam. Memiliki luas ±132 000 ha. Bentang lahannnya terdiri atas beberapa danau musiman, dan hutan rawa.

Taman Nasional Betung-Kerihun

Taman nasional yang terletak di provinsi Kalimantan Barat ini ditetapkan pada tahun 1992,

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa.

Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai disingkat TNK berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha.

Taman Nasional Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang, ditetapkan pertama kali pada tahun 1980 sebagai Cagar Alam . Kemudian pada tahun 1996, atas desakan masyarakat sekitar, kawasan ini diubah statusnya menjadi Taman Nasional agar kepentingan masyarakat lokal dapat diakomodasikan.

Baca  Kapal Majapahit Besarnya 3 Kali Kapal Cheng Ho [Info Penting]

Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional Laut Bunaken
Taman Nasional Laut Bogani Nani Wartabone
Taman Nasional Kepulauan Togean
Taman Nasional Lore Lindu
Taman Nasional Laut Taka Bone Rate
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
Taman Nasional Laut Kepulauan Wakatobi
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Taman Nasional Manusela
Taman Nasional Aketajawe-Lolobata

Taman Nasional di Papua

Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua memiliki luas wilayah sebesar 2.505.600 Hektare.

Taman Nasional Wasu

Taman Nasional Wasur letaknya berada di bagian tenggara Provinsi Papua. Namanya diambil dari nama salah satu desa di dalamnya yang berasal dari kata bahasa Marori yaitu Waisol yang berarti kebun.

Selain taman nasional di Indonesia terdapat juga kawasan cagar alam, suaka margasatwa dan hutan lindung.

Cagar Alam adalah kawasan suaka alam yang karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Suaka Margasatwa adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

Hutan Lindung adalah kawasan hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk dilindungi, agar fungsi-fungsi ekologisnya terutama menyangkut tata air dan kesuburan tanah tetap dapat berjalan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya.

Inilah 46 taman nasional yang terdapat di Indonesia, mari kita bersama-sama menjaga kelestariannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker