Pantai

Pantai Plengkung : The Seven Giant Waves Wonder

Pantai Plengkung terletak di selatan Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, memiliki ombak yang sangat menarik dan langka di dunia. Salah satu formasi ombaknya adalah ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2 km dalam formasi 7 gelombang bersusun, sehingga para peselancar dunia menjulukinya dengan G-land, The Seven Giant Waves Wonder.

Pantai Plengkung - G-Spot
Lapisan Ombak di Pantai Plengkung (Gb.tnalaspurwo.org)

Bagi  wisatawan yang ingin berkunjung karena ingin melakukan surfing, waktu yang terbaik adalah Juni -juli ketika munculnya 6 hingga 7 lapis ombak sepanjang 1 hingga 2 km. Para peselancar menamai masing-masing jenis ombak tersebut dengan nama : Kong, Money trees, Launching pad, Speedy, Chicken break, Twenty-twenty dan Tiger track. Tinggi dan panjang serta lapisan gelombang tersebut tergantung ada tidaknya angin Barat ke laut. Kegiatan surfing biasanya dilakukan antara bulan Maret – Oktober.

Jalur Transportasi

Pantai Plengkung berada dalam wilayah kabupaten Banyuwangi dan berada dalam area Taman Nasional Alas Purwo. Untuk mencapainya terdapat beberapa pilihan rute, salah satunya langsung dari Bali menggunakan Speed Boot milik pengusaha pariwisata yang ada di Plengkung. Sedangkan rute darat melalui Taman Nasional Alas Purwo  seperti yang dipublikasikan di websitenya:

A. Alternatif 1 (Pintu Rowobendo)

Yaitu jalur Pantai Utara yang melewati Kab. Situbondo hingga memasuki Kota Banyuwangi berlanjut menuju Kalipait terus ke selatan memasuki Hutan Produksi hingga pintu gerbang Rowobendo Taman Nasional Alas Purwo, sebagaimana gambar peta dibawah.

Untuk para pengunjung yang menggunakan angkutan umum setelah sampai di Terminal Ketapang dilanjut dengan mikrolet / Lyn menuju Terminal Karangente, lanjut dengan Bus Mini tujuan Kalipait. Dari Kalipait untuk menuju Rowobendo TN Alas Purwo dilanjutkan dengan menggunakan Ojeg.

Baca  Teluk Kiluan adalah Surga Bagi Lumba-lumba

B. Alternatif 2 (Pintu Bedul)

Yaitu jalur dari arah Kab. Jember melalui Gunung Gumitir sampai pertigaan Benculuk belok kanan menuju arah Purwoharjo. Dari Purwoharjo selanjutnya mengikuti arah petunjuk menuju Wisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo.

Untuk yang menggunakan angkutan umum dengan menggunkan Bus dari Jember, sampai pertigaan Benculuk berganti dengan angkutan umum yang ada di Benculuk dengan tujuan Purwoharjo selanjutnya menggunakan Ojeg menuju Wisata Mangrove Bedul TN Alas Purwo.

Tags

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker